Senin, 09 Mei 2011

LAPORAN KEGIATAN

Tugas Kegiatan Bahasa Indonesia
Nama kegiatan : Seminar IP-TV "Turn on your television with networking"
Pembicara : Erry Rahmawan (senior service creation PT.Telkom)
Waktu dan Tempat : Sabtu 9 April 2011, Auditorium Kampus J 167

Pada seminar yang diadakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi membahas tentang IP-TV. IPTV adalah internet protocol televisi atau Broadband TV, dimana secara aman dapat mengirimkan siaran dengan kualitas yang baik atau video on demand dan konten audio melawati suatu jaringan pita lebar. IP/TV adalah suatu pengembangan baru dalam software komunikasi client-server yang mem-broadcast video yang berkualitas tinggi (setara real time full motion video secara simultan ) ke user window melalui jaringan data yang ada sekarang.
Studi mengenai televisi berbasis internet di beberapa negara menunjukkan minat masyarakat yang relatif baik terhadap layanan IPTV. Saat ini operator IPTV dengan pelanggan terbanyak adalah PCCW (Hong Kong) yang mencapai lebih dari 850.000 pelanggan, dan France Telecom (Perancis) yang mencapai 800.000 pelanggan. Operator lainnya yang sukses adalah Verizon (Amerika Serikat) dengan 600.000 pelanggan. Sementara itu, di tingkat global bisnis IPTV juga memperlihatkan pertumbuhan yang cukup pesat (lihat tabel “Global pay TV Revenue Forecast, 2008-2014). Begitupun di kawasan Asia Pacific, pertumbuhan bisnis Pay TV (termasuk IPTV) memperlihatkan kecenderungan meningkat setiap tahunnya.

Penetrasi TV berbayar di Indonesia memang masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lain. Saat ini diperkirakan penetrasi TV berbayar baru 2 persen. Masih jauh di bawah Malaysia yang penetrasinya sudah mencapai 60 persen. Potensi pasar layanan TV berbayar di Indonesia cukup besar. Perumahan yang memiliki TV lebih dari 60 juta. Sedangkan jumlah televisi yang beredar di masyarakat saat ini lebih dari 120 juta unit.

Dengan adanya IPTV ini, diharapkan perkembangan teknologi informasi di Indonesia semakin maju. Di seluruh dunia, penyedia layanan IPTV yang paling laris adalah PCCW (Hong Kong) yang mempunyai pelanggan lebih dari 850.000 orang. Selain itu, di Perancis juga ada France Telecom yang mempunyai sebanyak 800.000 pelanggan. Jumlah pelanggan TV berbayar di Indonesia sangatlah rendah. Hanya sekitar dua persen dari keseluruhan.

Karena itulah Telkom menilai potensi IPTV ini cukup besar, walaupun segmen yang coba dibidik mungkin lebih ditujukan ke segmen kelas atas. Bagi Telkom, IPTV adalah langkah pertama dalam penggelaran aplikasi multimedia dengan interaktivitas tinggi di atas jaringan true broadband. IPTV menawarkan pengalaman digital yang lebih interaktif, mudah, nyaman, dan lengkap bagi pelanggan Telkom Group.

Tidak ada komentar: